Ticker

6/recent/ticker-posts

Cara Mengatasi Atau Mengobati Penyakit Cacing Jarum Pada Ikan Maskoki

Cara Mengatasi Atau Mengobati Penyakit Cacing Jarum Pada Ikan Maskoki


 

Penyakit adalah suatu gangguan pada organisme yang disebabkan oleh parasit, kekurangan gizi, atau faktor fisika dan kimia lingkungan. tanda-tanda ikan yang terserang penyakit antara lain selalu berenang ke arah Sumber air masuk (inlet) tidak mau makan, hilang keseimbangan, gerakan lamban, tampak megap-megap di permukaan air, jika dipegang mudah terkejut dan selalu bergerak menghindar. sementara itu, gejala fisik ikan yang terserang penyakit antara lain warna permukaan tubuhnya menjadi merah dan kadang-kadang disertai perdarahan, terutama di bagian perut, dada, dan pangkal sirip. warna merah tersebut disebabkan oleh memar (darah yang tidak keluar). gejala lainnya adalah insang, sirip dan kulit rusak. di bagian-bagian tubuh tersebut sisiknya lepas dan tubuhnya tidak berlendir

Ada beberapa jasad pengganggu yang dapat menyebabkan maskoki sakit dan mati. jasad pengganggu ini umumnya berasal dari golongan parasit. jenis parasit yang sering menyerang maskoki adalah jamur, kutu ikan dan cacing jarum. parasit tersebut hidup dengan cara menempel di tubuh insangnya (maskoki).

Penyakit Cacing Jarum Dilihat Dari Mikroskop
Cacing Jarum. Bisa ditanggulangi dengan merendam ikan ke dalam larutan formalin 250 cc/m3 selama 10 menit dan diulangi tiga kali selama 2-3 hari.



A. Cacing jarum
Parasit bernama Lernea cyprinaceae ini disebut dengan cacing jarum karena menyerang dengan cara menusukkan tubuhnya ke maskoki, bentuk tubuhnya mirip kail pancing dan dapat dilihat dengan mata biasa seperti sedang menyuntikan jarum bentuk tubuhnya mirip kail pancing dan dapat dilihat dengan mata biasa, tanpa bagian mikroskop. Bagian kepalanya bercabang seperti jangkar. sementara itu, dibagian ekornya terdapat sepasang kantung telur.

Penanganan secara mekanis bisa dilakukan dengan cara mengangkat tubuh maskoki secara hati-hati kemudian mengambil dan menggunting tubuh cacing jarum. Pekerjaan ini harus dilakukan secara perlahan jangan sampai menimbulkan luka baru di tubuh ikan. Cara penanganan lain yang dapat dilakukan adalah merendam atau memandikan ikan ke dalam 250cc/m³ larutan formalin selama 10 menit. Cara ini Diulangi sebanyak tiga kali selama 2 atau 3 hari.