Ticker

6/recent/ticker-posts

Cara Mengatasi Atau Mengobati Penyakit Kutu Ikan Pada Maskoki

Cara Mengatasi Atau Mengobati Penyakit Kutu Ikan Pada Maskoki


 

Penyakit adalah suatu gangguan pada organisme yang disebabkan oleh parasit, kekurangan gizi, atau faktor fisika dan kimia lingkungan. tanda-tanda ikan yang terserang penyakit antara lain selalu berenang ke arah Sumber air masuk (inlet) tidak mau makan, hilang keseimbangan, gerakan lamban, tampak megap-megap di permukaan air, jika dipegang mudah terkejut dan selalu bergerak menghindar. sementara itu, gejala fisik ikan yang terserang penyakit antara lain warna permukaan tubuhnya menjadi merah dan kadang-kadang disertai perdarahan, terutama di bagian perut, dada, dan pangkal sirip. warna merah tersebut disebabkan oleh memar (darah yang tidak keluar). gejala lainnya adalah insang, sirip dan kulit rusak. di bagian-bagian tubuh tersebut sisiknya lepas dan tubuhnya tidak berlendir

Ada beberapa jasad pengganggu yang dapat menyebabkan maskoki sakit dan mati. jasad pengganggu ini umumnya berasal dari golongan parasit. jenis parasit yang sering menyerang maskoki adalah jamur, kutu ikan dan cacing jarum. parasit tersebut hidup dengan cara menempel di tubuh insangnya (maskoki).

Penyakit Kutu Ikan (Argulus Sp)

Kutu ikan atau argulus SP sebenarnya termasuk jenis udang renik. Parasit yang menghisap darah ini sering dijumpai menempel di insang, kulit, dan sirip maskoki. ciri-ciri maskoki yang diserang kutu ikan adalah muncul bercak-bercak merah di tubuhnya. ikan menjadi kurus, gerakannya lamban, tidak mau makan dan akhirnya mati. Pengobatan yang bisa dilakukan adalah mencelupkan ikan ke dalam larutan garam dapur (NaCi) 20 g/l air selama 5 menit. Bisa juga dilakukan dengan cara mencelupkan maskoki ke dalam larutan garam amoniak (NH4CI) 12,5 g/l air selama 5 atau 10 menit.